Sabtu, 14 Juli 2018

Penyebab Terbentuknya Nanah


Abses yang muncul di tubuh ialah petunjuk adanya infeksi, yang biasanya disebabkan oleh kuman. Tak hanya di permukaan kulit, bernanah juga bisa terwujud di organ dalam, seperti saluran kemih, mulut, mata, otak, dan paru-paru. Simak berjenis-jenis penyebab munculnya bernanah di tubuh dan cara penanganannya berikut ini!

Abses bisa dikenali sebagai cairan kental berwarna putih kekuningan, kadang-kadang berwarna hijau atau cokelat dan beraroma tidak sedap. Cairan bernanah mengandung sel darah putih, kuman, dan jaringan tubuh yang mati.


Abses muncul sebagai respon alami tubuh ketika melawan infeksi, atau respon peradangan pada tubuh terhadap infeksi kuman, dan kadang juga terhadap jamur.

Infeksi akan memunculkan bernanah ketika kuman masuk ke dalam tubuh lewat kulit yang terluka, terhirup ketika batuk atau bersin, dan akibat kebiasaan yang tidak higienis. Saat terjadi infeksi di bagian tubuh tertentu, sel darah putih yang disebut neutrofil akan berkumpul pada bagian tubuh tersebut dan berperang melawan kuman penyebab infeksi. Selama cara kerja tersebut, banyak sel darah putih dan jaringan tubuh lain di sekitarnya yang mati. Nah, akumulasi sel darah putih dan jaringan tubuh yang mati inilah yang kemudian disebut bernanah.

Banyak tipe infeksi yang bisa menyebabkan munculnya bernanah. Penyebab yang paling biasa ialah infeksi oleh kuman Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes.

Lazimnya, bernanah yang disebabkan oleh infeksi ringan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan. Tapi pada infeksi yang lebih serius, diperlukan perawatan medis, seperti pengeringan atau drainase bernanah dan pemberian obat antibiotik. Segera konsultasikan ke dokter bila munculnya bernanah atau bernanah di tubuh tidak juga membaik sesudah beberapa hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips Aman Bertransaksi di Mesin ATM Setor Tunai

Berkat kemajuan teknologi, dikala ini transfer uang ke rekening sendiri tidak perlu lagi antri panjang di bank secara konvensional. Cuku...